Dinsdag 21 Mei 2013

Pengertian Laporan Keuangan dan Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan


Pengertian Laporan Keuangan dan Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan
A.    Pengertian laporan Keuangan
Laporan keuangan adalah laporan yang dirancang untuk para pembuat keputusan, baik di dalam maupun di luar perusahaaan, mengenai posisi dan hasil usaha perusahaan.
Menurut standar akuntansi keuangan (SAK) tahun 1996, tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan.


B.     Karakteristik Kualitatif  Laporan Keuangan
Agar dapat berguna bagi pemakai, informasi keuangan harus memenuhi empat karakteristik kualitatif pokok yaitu: dapat dipahami, relevan, andal dan dapat diperbandingkan.

1.      Dapat dipahami
Kualitas penting informasi yang ditampung dalam laporan keuangan adalah kemudahannya untuk segera dipahami oleh pemakai.
2.      Relevan
Agar bermanfaat informasi harus relevan untuk memenuhi kebutuhan pemakai dalam proses pengambilan keputusan.
Informasi memiliki kualitas relevan kalau dapat mempengaruhi keputusan ekonomi pemakai dengan membantu mereka mengevaluasi peristiea masa lalu, masa kini atau masa depan dan mengegaskan atau mengkoreksi hasil evaluasi mereka di masa lalu.
3.      Andal
Agar bermanfaat informasi harus andal. Informasi memiliki kualitas andal jika bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material (cukup berarti) dan dapat diandalkan pemakaiannya sebagai penyajian yang tulus atau jujur atas data yang seharusnya disajikan atau yang secara wajar diharapkan dapat disajikan.
4.      Dapat dibandingkan
Laporan keuangan harus dapat dibandingkan antarperiode untuk mengidentifikasikan kecenderungan/trend/posisi dan kinerja keuangan. Laporan keuangan juga harus dapat dibandingkan antarperusahaan sejenis untuk mengevaluasi posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan secara relatif.


Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking