Sondag 19 Mei 2013

Kewajiban dan Ekuitas


Kewajiban dan Ekuitas
A.   Kewajiban
Kewajiban/utang (liabilities/pasiva) adalah kewajiban membayar kepada pihak lain yang disebabkan oleh tindakan/transaksi sebelumnya. Berdasarkan jangka waktu pelunasannya, kewajiban dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kewajiban lancar, kewajiban jangka pendek dan kewajiban jangka panjang.

1.      Kewajiban lancar
Kewajiban lancar/utang lancar/utang jangka pendek (current liabilities) adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam waktu tidak lebig dari satu tahun atau satu siklus normal operasi perusahaan. Kewajiban lancar antara lain:
a.       Utang usaha
Utang usaha (account payable) yaitu kewajiban yang harus dilunasi karena pembelian barang/jasa secara kredit.
b.      Utang wesel
Utang wesel/wesel bayar (notes payable) adalah janji terlutis untuk membayar kepada pihak lain dalam jumlah tertentu dan pada tanggal yang telah ditetapkan.
c.       Utang beban
Utang beban adalah kewajiban membayar karena perusahaan sudah menerima manfaatnya, seperti utang bunga (interest payable), utang gaji (salaries payable), utang sewa (rent payable).
d.      Pendapatan diterima dimuka
Pendapatan diterima dimuka adalah pendapatan yang belum merupakan hak, tetapi sudah diterima pembayarannya. Contoh: sewa diterima dimuka, bunga diterima dimuka.
2.      Kewajiban jangka panjang
Kewajiban/utang jangka panjang (long term liability) adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam waktu lebih dari satu tahun atau satu siklus normal operasi perusahaan.
Yang termasuk utang jangka panjang yaitu:
a.       Utang hipotek
Utang hipotek (mortgage payable) adalah pinjaman jangka panjang dengan jaminan aktiva tetap.
b.      Utang obligasi
Utang obligasi (bonds payable) adalah pinjaman jangka panjang yang timbul karena perusahaan menjualan/mengeluarkan surat-surat obligasi.
Obligasi adalah surat bukti yang menyatakan bahwa pemegang obligasi meminjamkan sejumlah uang kepada perusahaan yang mengeluarkan obligasi tersebut. Pemegang obligasi akan mendapat bunga tetap secara berkala yang disebut kupon.
c.       Kredit investasi
Kredit investasi adalah pinjaman jangka panjang yang diterima dari bank atau lembaga keuangan lain, yang digunakan untuk pelunasan perusahaan.


3.      Kewajiban lain-lain
Kewajiban/utang lain-lain adalah semua kewajiban yang tidak sesuai untuk diklasifikasikan sebagai kewajiban lancar dan kewajiban jangka panjang. Misalnya: uang jaminan yang diterima dari pelanggan.

B.   Ekuitas
Ekuitas/modal (equity) adalah hak pemilik atas aktiva perusahaan yang merupakan kekayaan bersih (aktiva dikurangi beban). Ekuitas terdiri dari setoran pemilik dan sisa laba yang ditahan (retained earning).
Pemberian nama akun ekuitas bergantung pada jenis perusahaannya.
Contohnya:
Bentuk Perusahaan
Nama Ekuitas
1. Perseorangan
Modal (nama pemilik)
2. Persekutuan
Modal (nama pemilik/sekutu)
3. Perseroan Terbatas
Modal saham
4. Koperasi
Simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking