Maandag 09 September 2013

Kas Kecil (Bon Cash/Petty Cash)



Kas Kecil (Bon Cash/Petty Cash)
Dana kas kecil adalah uang yang disediakan untuk membayar pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil, dan tidak ekonomis bila dibayar dengan cek.
Dana kas kecil ini diserahkan kepada seorang kasir kas kecil yang akan mempertanggung jawabkan setiap pengeluaran.
Pengisian dana kas kecil dapat dilakukan berdasarkan permintaan pemegang kas kecil jika dana kas kecil sudah menipis atau dapat pula dilakukan secara periodik (seminggu atau setengah bulan sekali).

Cara pencatatan dana kas kecil ada dua yaitu sistem dana tetap dan tidak tetap.
1.      Sistem dana tetap (imprest fund system)
Dalam metode ini dana kas kecil besarnya selalu tetap, sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh manajemen, sehingga tidak setiap pengeluaran dicatat dalam kas kecil.
Pencatatan dalam kas kecil hanya dilakukan jika da penambahan atau pengisian kembali dana kas kecil. Dalam hal ini kasir harus mengumpulkan bukti-bukti pengeluaran dan membuat catatan intern yang akan digunakan untuk mengajukan penggantian pada kas pusat.
Agar supaya jelas rincian tentang pengeluaran kas kecil, pemegang kas kecil harus membuat buku kas kecil yang kolom-kolomnya disesuaikan dengan  kebutuhan.
2.      Sistem Dana Tidak Tetap (Fluctuation Fund System)
Dalam metode ini besarnya kas kecil berubah-ubah sesuai dengan transaksi yang terjadi. Setiap terjadi perubahan jumlah uang dalam kas kecil selalu diadakan pencatatan.


Mencatat Saldo Kas Kecil di Neraca
a.       Jika menggunakan sistem dana tidak tetap, saldo kas kecil dicatat sebesar dana kas kecil yang ditetapkan.
b.      Jika menggunakan sistem dana tidak tetap, saldo kas kecil dicatat sebesar sisa dana kas kecil yang sebenarnya pada saat itu.


Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking