Maandag 09 September 2013

Jurnal Khusus



Jurnal Khusus
Jurnal khusus adalah jurnal yang secara khusus digunakan untuk mencatat transaksi sejenis yang terjadi berulang-ulang. Prinsip pendebitan dan pengkreditan jurnal khusu pada dasarnya  sama dengan yang dilakukan pada jurnal umum. Perbedaannya, akun-akun pada jurnal khusu dibuat berkelompok.

Jenis-jenis Jurnal Khusus
1.      Jurnal penerimaan kas (cash receipt journal), yaitu jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap terjadi penerimaan uang tunai.
2.      Jurnal pengeluaran kas (cash payment journal), yaitu jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap terjadi pengeluaran uang tunai.
3.      Jurnal pembelian (purchases  journal), yaitu jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap terjadi pembelian secara kredit.
4.      Jurnal penjualan (sales journal), yaitu jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap penjualan secara kredit.
5.      Jurnal umum (general journal) yaitu jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang tidak sesuai untuk dimasukkan ke dalam empat jurnal di atas.
Jika sering terjadi penerimaan kembali barang yang sudah dijual kembali barang yang sudah dibeli, dapat disediakan jurnal retur penjualan dan retur pembelian.



Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking