Saterdag 26 Oktober 2013

Sistem Voucher







Sistem voucher adalah suatu metode dan prosedur pencatatan yang dilaksanakan untuk mengadakan pengawasan secara efektif terhadap pembayaran-pembayaran atau pengeluaran-pengeluran uang.

Prosedur pencatatan dalam sistem voucher yaitu:
a.   Setiap kewajiban yang pada akhirnya harus diselesaikan dengan pengeluaran kas harus dicatat dalam voucher. Voucher merupakan bukti adanya persetujuan untuk mengeluarkan uang. Dalam voucher harus ada kolom yang dapat menunjukkan adanya persetujuan yang berwenang.
b.   Semua voucher yang dikeluarkan dicatat dalam voucher register dan diarsipkan dalam suatu file. Voucher register adalah jurnal khusus untuk mencatat semua voucher yang dikeluarkan.
c.    Pada saat akan melakukan pembayaran, voucher diambil dari file kemudian dibuatkan cek. Pada saat ini kolom pembayaran dalam  voucher maupun voucher register diisi.
d.   Semua cek yang dikeluarkan dicatat dalam voucher register. Check register adalah buku untuk mencatat setiap ada pengeluaran cek, dengan mendebit rekening utang voucher dan mengkredit rekening Kas/Bank.
e.    Memposting voucher register dan check register ke rekening buku besar masing-masing, seperti halnya dari jurnal pembelian dan pengeluaran kas.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa tujuan sistem voucher adalah untuk mengadakan pengawasan terhadap pengeluaran kas secara efektif. Sehingga dapat dihindarkan terjadinya kelalaian maupun kecurangan terhadap pengeluaran kas tersebut.
 



Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking