Saterdag 06 Julie 2013

Genah Melukat Sudamala (Pura Tirta Sudamala)


Pancoran Sudamala
Pemandangan Jalan Sepanjang Sudamala
Air Sungai Sudamala
Sudamala adalah sebuah tempat melukat dan pemandian yang terletak di sebuah desa kecil yaitu Desa Sedit. Desa ini terletak di kelurahan Bebalang Kabupaten Bangli. Jalan untuk mencapai tempat ini tidaklah sulit, karena akses jalannya adalah jalan raya. 
Jika kita telah memasuki desa Sedit ini sepanjang jalan kita akan disuguhkan dengan pemandangan sawah yang tersusun rapi nan indah. Setiap orang yang akan memasuki tempat melukat ini dikenakan tarif Rp. 2.000,00. Bukanlah jumlah yang besar bukan..?
Jika kita sudah sampai di Sudamala kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang hijau dan asri. Disebelah barat terdapat tebing-tebing yang cukup tinggi yang dipenuhi dengan pepohonan yang hijau. Di atas Sudamala ini terdapat sebuah pura, yaitu Pura Tirta Sudamala. Dibawah Pura Tirta Sudamala ini terdapat sebuah pura kecil yang dijadikan tempat sembahyang atau matur piuning bagi mereka yang akan melukat. Di pura ini biasanya ada seorang pemangku yang akan menghaturkan banten atau canang setiap orang yang akan melukat, tetapi tidak setiap hari ada pemangku di pura ini. Pemangku ini biasanya ada stiap hari Sabtu, Minggu dan setiap rerahinan seperti Purnama, Tilem dan Kajeng Kliwon.

Sudamala ini dipercayai sebagai tempat melukat, yaitu tempat peleburan leteh atau kotoran dari diri manusia, atau ilmu hitam yang ada pada orang yang melukat tersebut. Di sudamala ini terdapat 9 buah pancoran yang cukup tinggi, 2 buah pancoran yang lebih rendah, 1 pancoran yang berasal dari dalam pura kecil yang terdapat di bawah Pura Tirta Sudamala dan 1 pancoran terakhir yang letaknya cukup jauh dari ke 12 pancoran tersebut. 1 pancoran ini terletak di utara bebatuan yang terdapat disudamala. Jika kita ingin melukat kita memulainya dari pancoran yang terletak di selatan kemudian dilanjutkan ke utara sampai ke pancoran yang terletak paling ujung utara Tempat ini. Setalah itu kita kembali sembhyang setelah usai melukat.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking